Sunday, December 16, 2012

Tahap-Tahap Perkembangan

           periode pralahir
  • perkembangan fisik : kehamilan terjadi dari awal, bakat genetik berinteraksi dengan pengaruh lingkungan, struktuk fisik dasar dan organ dibentuk, pertumbuhan otak dimulai. pertumbuhan fisik pada masa ini kerentangan terhadap pengaruh lingkungan sangat besar. 
  • perkembangan kognitif : kemampuan untuk belajar, mengingat dan merespons terhadap stimuli sensoris mulai berkembang. 
  • perkembangan psikososial : janin merespons suara ibu dan mengembangkan rasa suka kepada suara tersebut. 
  •  
    Bayi & Balita ( lahir-5 tahun)
    - perkembangan fisik : pertumbuhan berlangsung dgn kecepatan stabil, penampilan menjadi lebih langsing dn proporsinya semakin menyerupai orang dewasa. 
    -perkembangan kognitif : pemikirannya hingga tahap tertentu masih bersifat egosentris, akan tetapi pemahamanya terhadap perspektif org lain semakin mengingat, ketidakmatangan kognitif mengarah kepada ide tidak logis tentang dunia, ingatan dan bahasa mengingat, kecerdasan menjadi lebih mudah diprediksi sudah mulai masuk preschool & taman kanak-kanak. 
    -perkembangan psikososial : konsep diri & pemahaman terhadap emosi tumbuh, penghargaan terhadap diri adalah suatu hal yang global, meningkatnya inisiatif,independen, kontrol diri,identitas,gender dibangun, & lebih sosial, kebersamaan, agresi, & rasa takut sering muncul. 
    masa kanak-kanak (6-11 tahun )
    -perkembangan fisik : pertumbuhan melambat, kekuatan & keterampilan atletis meningkat, sering sakit saluran pernafasan, akan tetapi tingkat kesehatan terbaik bila dibandingkan periode umur lain. 
    - perkembangan kognitif : egosentrisme menghilang, mulai berpikir logis namun kogkret, meningkatnya kemampuan daya ingat dan keterampilan berbahasa, keunggulan kognitif memungkinkanakan anak mendapatkan keuntungan dari sekolah formal. 
    - perkembangan psikososial : konsep diri menjadi lebih kompleks dan mempengaruhi kepercayaan diri, teman sebaya menjadi sesuatu yang penting. 
      
    masa remaja (11-20 tahun)
    - perkembangan fisik : pertumbuhan fisik & perubahan lainnya berlangsung cepat & sangat intens, terjadinya kematangan organ reproduksi.
    - perkembangan kognitif : berkembangannya untuk kemampuan berpikir secara abstrak & menggunakan alasan ilmiah, pemikiran yang kurang dewasa terus berlangsung dalam sikap dan perilaku tertentu
    - perkembangan psikososial : pencarian terhadap identitas, termasuk identitas sosial seksual menjadi isu sentral
    masa dewasa awal (20-40 tahun)
    - perkembangan fisik : kondisi fisik mencapai puncak, kemudian secara perlahan menuru, pilihan gaya hidup memengaruhi kesehatan. 
    - perkembangan kognitif : kemampuan kognitif & penilaian moral diasumsikan lebih kompleks, pilihan pendidikan dan kariri dibuat. 
    -perkembangan psikososial : sifat dan gaya kepribadian relatif stabil, akan tetapi perubahan dalam kepribadian mungkin terjadi akibat umur dan peristiwa hidup, keputusan tentang hubungan yang sebagian besar orang menikah dan sebagian besar menjadi orangtua. 
    masa dewasa tengah (40-65 tahun)
    -perkembangan fisik : beberapa penurunan sensoris, kesehatan, stamina dan keterampilan mulai terjadi, wanita akan mengalami monopouse. 
    -perkembangan kognitif : sebagian besar kemampuan mental dasar melemah, kepakaran dan kepraktisan pemecahan masalah meningkat, kreatifitas sedikit menurun, akan tetapi terjadi peningkatan dalam kualitas. 
    -perkembangan psikososial : rasa identitas terus berkembang, terjadinya stres transisi paruh baya, tanggung jawab stres, perginya anak telah meninggalkan "sarang yang kosong". 
     
     Aspek-Aspek Perkembangan
    - sosial  
    -motorik
    -bahasa
    -kognitif (intelektual)
    -agama 
    -moral 
    -emosi
    -bahasa
     perkembangan sosial 
    Erikson membagi perkembangan psikososial individu ke dalam tahapan 
    1. basic turst vs basic mistrust (0-1 tahun)
    2. autonomy vs shame and doubt (tahun ke 2)
    3. innitiative vs guilt (3-5tahun)
    4. industry vs inferiority (6 tahun - puberstas)

No comments:

Post a Comment