BAB
V AWAL MASA KANAK-KANAK
Pada umumnya orang berpendapat bahwa
masa kanak-kanak merupakan masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan saat
dimana individu relatif tidak berdaya dan tergantung pada orang lain. Bagi
kebanyakan anak ( young children ) dalam uraian selanjutnya digunakan kata
“anak-anak” yang menunjuk pada
pengertian anak yang masih kanak-kanak, masa kanak-kanak seringkali dianggap
tidak ada akhirnya sewaktu mereka tidak sabar menunggu saat yang didambakan
yakni pengakuan dari masyarakat.
Ciri- ciri awal masa kanak-kanak
yaitu:
vSebutan
yang digunakan orang tua. Sebagian besar orangi tua menganggap awal masa
kanak-kanak sebagai usia yang mengundang masalah atau usia sulit.
vSebutan
yang digunakan para pendidik. Para pendidik menyebut tahun-tahun awal masa
kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakan dari saat dimana anak
dianggap cukup tua, baik secara fisik dan mental, untuk menghadapi tugas-tugas
pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal.
vSebutan
yang digunakan para ahli psikologi. Para ahli psikologi menggunakan jumlah
sebuatan yang berbeda untuk menguraikan ciri-ciri yang menonjol dari
perkembangan psikologis anak selama tahun-tahun awal masa kanak-kanak.
Tugas dalam perkembangan pada awal
masa kanak-kanak
· Perkembangan
fisik.
· Kebiasaan
fisologis.
Keterampilan pada awal masa
kanak-kanak
vKeterampilan
khusus awal masa kanak-kanak..
vPilihan
penggunaan tangan.
Kemajuan berbicara dalam awal masa
kanak-kanak
vPeningkatan
dalam pengertian
vPeningkatan
dalam keterampilan berbicara
Emosi yang umum pada awal masa
kanak-kanak
vAmarah
vTakut
vCemburu
vIngin
tahu
vIri
hati dan gembira
vSedih
dan kasih sayang
Bentuk perilaku awal dalam pelbagi
situasi sosial
Bentuk perilaku sosial yang paling
penting untuk penyesuaian sosial berhasil tampak dan mulai berkembang dalam
periode ini.
Penggolangan teman
Rekan adalah orang yang memuaskan
kebutuhan akan teman dengan berada dalam lingkungan yang sama dimana ia dapat
dilihat dan didengar. Dalam setiap tahap, rekan bisa saja laki-laki atau
perempuan dan dari segala umur. Teman bermain adalah orang dengan siapa
individu terlihat dalam kegiatan yang menyenangkan. Anak lebih menyukai teman
bermain yang sejenis. Teman baik adalah teman baik bukan hanya teman bermain
yang cocok tetapi juga seseorang pada siapa individu dapat berkomunikasi dengan
bertukar pendapat dan saling percaya dengan meminta atau memberi nasihat.
Bermain pada masa awal kanak-kanak
Masa awal kanak-kanak sering disebut
tahap bermain, karena dalam periode ini hampir semua permainan menggunakan
mainan. Menjelang berakhirnya awal masa kanak-kanak, anak tidak lagi memberikan
sifat-sifat manusia,binatang, atau benda-benda kepada mainannya. Bermacam-macam
minat bermain yaitu anak yang sangat cerdas lebih menyukai permainan
sandiwara,kegiatan-kegiatan kreatif dan buku-buku yang memberikan informasi
daripada yang bersifat hiburan.
Pola bermain awal masa kanak-kanak
yaitu:
vBermain
dengan mainan dan permainan
vDramatisasi
dan film, radio, dan televisi
vKonstruksi
dan membaca
Perkembangan moral pada awal masa
kanak-kanak
vKehidupan
dan kematian
vFungsi
tubuh dan ruang
vBerat
dan bilangan
vWaktu
dan diri sendiri
vKesadaran
sosial dan keindahan
Jenis disiplin yang digunakan pada
awal masa kanak-kanak
vDisiplin
otoriter
vDisiplin
yang lemah
vDisiplin
demokratis
Minat pada awal masa kanak-kanak
vMinat
agama
vMinat
pada tubuh sendiri
vMinat
terhadap diri sendiri
vMinat
terhadap seks
vMinat
terhadap pakaian
Penggolongan peran seks
Mempelajari stereotip peran seks
adalah sekumpulan arti yang dihubungkan dengan kelompok laki-laki dan kelompok
perempuan. Arti ini berhubungan dengan penampilan dan bentuk tubuh individu
yang sesuai dengan jenis pakaian, cara berbicara dan perilaku yang sesuai.
Peranatara penggolongan peran seks adalah dalam masa kanak-kanak, orang tua dan
anggota keluarga lain merupakan perantara utama untuk penggolongan peran seks.
Hubungan keluarga pada awal masa
kanak-kanak
vHubungan
orang tua dan anak: perubahan-perubahan dalam hubungan orang tua yang dimulia
sejak tahun kedua masa bayi berlangsung terus selama awal masa kanak-kanak dan
biasanya dalam tingkatan yang lebih tepat.
vHubungan
dengan saudara: tidak semua berhubungan dengan saudara bersifat bertentangan
dan kalaupun terjadi pergesekan hanyalah sekali-sekali saja.
vHubungan
dengan sanak keluarga: ada dua kondisi dalam hubungan dengan sanak keluarga
sehingga dapat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak.
Kondisi-kondisi yang membentuk
konsep diri pada awal masa kanak-kanak
vCara
pelatihan anak
vCita-cita
orang tua
vPosisi
urutan
vKetidaknyamanan
lingkungan
vMeningkatnya
individualitas
Bahaya pada awal masa kanak-kanak
vBahaya
fisik: bahay fisik awal masa
kanak-kanak menimbulkan reaksi psikologis maupun fisik, terutama penyakit,
kecelakaan, dan kejanggalan.
vBahaya
psikologis
vBahaya
dalam berbicara
vBahaya
emosional
vBahaya
sosial
vBahaya
bermain
vBahaya
dalam perkembangan konsep
vBahaya
moral dan bahaya penggolongan peran seks
vBahaya
dalam hubungan keluarga
vBahaya
kepribadian
Beberapa kondisi penting yang mendukung
kebahagiaan selama awal masa kanak-kanak.
vKesehatan
yang baik yang memungkinkan anak menikmati apa pun yang ia lakukan dan berhasil
melakukannya.
vLingkungan
yang merangsang dimana anak memperoleh kesempatan untuk menggunakan kemampuannya semaksimal mungkin.
BAB VI AKHIR MASA KANAK-KANAK
Permukaan akhir masa kanak-kanak
ditandai dengan masuknya anak ke kelas satu, hal yang wajib untuk anak berusia
enam tahun di amerika saat ini. Bagi sebagian besar anak hal ini merupakan
perubahan besar dalam pola kehidupan anak, juga bagi anak yang telah pernah
mengalami situasi prasekolah selama setahun. Sementara menyesuaikan diri dengan
tuntutan dan harapan baru satu, kebanyakan anak berada dalam keadaan tidak
seimbang; anak mengalami gangguan emisional sehingga sulit untuk hidup bersama
dan bekerja sama. Masuk kelas satu
merupakan peristiwa penting bagi kehidupan setiap anak sehingga dapat
mengakibatkan perubahan dalam sikap, nilai, dan perilaku.
Ciri- ciri akhir masa kanak-kanak
vLabel
yang digunakan oleh orang tua: bagi banyak orang tua akhir masa kanak-kanak
merupakan usia yang menyulitkan. Karena kebanyakan anak, terutama anak
laki-laki, kurang memperhatikan dan tidak bertanggung jawab terhadap pakaian
dan benda-benda yang dimilikinya sendiri.
vLabel
yang digunakan oleh para pendidik: para pendidik melebelkan akhir masa
kanak-kanak dengan usia sekolah dasar. Pada usia tersebut anak diharapkan
memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk kebehasilan
sesuai diri pada kehidupan dewasa.
vLabel
yang digunakan para ahli psikologi: bagi ahli psikologi akhir masa kanak-kanak
adalah usia berkelompok suatu masa dimana perhatian utama anak tertuju pada
keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok terutama
kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya.
Perkembangan fisik pada akhir masa
kanak-kanak
vTinggi:
kenaikan tinggi per tahun adalah 2 sampai 3 inci. Rata-rata anak perempuan
sebelas tahun mempunyai tinggi badan 58 dan anak laki-laki 57,5 inci
vBerat:
kenaikan berat lebih bervariasi daripada kenaikan tinggi, berkisar antara 3
sampai 5 pon per tahun. Rata-rata perempuan sebelas tahun mempunyai berat badan
88,5 pon dan anak laki-laki 85,5 pon.
vPerbandingan
tubuh: meskipun kepala masih terlampau besar dibandingkan dengan bagian tubuh
lainnya, beberapa perbandingan wajah yang kurang baik menghilang dengan
bertambah besarnya mulut dan rahang, dahi melebar dan merata, bibir semakin
berisi, hidung menjadi lebih besar dan lebih berbentuk.
vKesederhanaan:
perbandingan tubuh yang kurang baik yang sangat mencolok pada akhir masa
kanak-kanak menyebabkan meningkatnya
kesederhanaan pada saat ini.
vPerbandingan
otot dan lemak: selama akhir masa kanak-kanak jaringan lemak berkembang lebih
cepat daripada jaringan otot yang perkembangannya baru mulai melejit pada awal
pubertas.
vGigi:
pada permulaan pubertas,umumnya seorang anak sudah mempunyai dua puluh gigi
tetap. Keempat gigi terakhir disebut
gigi kebijaksanaan, muncul selama masa remaja.
Keterampilan awal masa kanak-kanak
Pada permulaan akhir masa kanak-kanak,
anak-anak mempunyai sejumlah besar keterampilan yang mereka pelajari selama
tahun-tahun prasekolah. Keterampilan yang dipelajari anak-anak yang lebih besar
sebagian bergantung pada lingkungandigem
dan sebagian lagi bergatung pada apa yang sedang digemari oleh teman-teman
sebaya.
Kategori keterampilan akhir masa
kanak-kanak
vKeterampilan
menolong diri sendiri: anak yang lebih besar, harus dapat makan, berpakaian,
mandi dan berdandan sendiri hampir secepat dan semahir orang dewasa, dan
keterampilan tidak memerlukan perhatian sadar yang penting pada awal masa
kanak-kanak.
vKeterampilan
menolong orang lain: keterampilan menurut kategori ini bertalian dengan
menplong orang-orang lain. Dirumah mencakup membersihkan tempat tidur, menyapu.
vKeterampilan
sekolah: disekolah anak mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan
untuk menulis, menggambar, melukis, dan mewarnai dengan krayon.
vKeterampilan
bermain: anak yang lebih besar belajar pelbagi keterampilan seperti melempar
dan menangkap bola,naik sepeda dan renang.
Bidang-bidang yang mengalami
kemajuan
vPenambahan
kosa kata
vPengucapan
vPembentukan
kalimat
Periode meningginya emosi
Pada akhir masa kanak-kanak, ada waktu
dimana anak sering mengalami emosi yang hebat. Karena emosi cenderung kurang
menyenangkan, maka dalam periode ini meningginya emosi di periode
ketidakseimbangan, yaitu saat dimana anak menjadi sulit dihadapi. Meningginya
emosi akhir masa kanak-kanak dapat disebabkan karena keadaan fisik dan
lingkungan.
Ciri-ciri geng anak-anak
vGeng
anak-anak merupakan kelompok bermain
vUntuk
menjadi anggota geng anak harus diajak
vAnggota
geng terdiri dari jenis kelamin yang sama
Minat dan kegiatan bermain pada
akhir masa kanak-kanak
vBermain
konstruktif
vMenjelajah
vMengumpulkan
vPermainan
dan olahraga
vHiburan
Perubahan dalam hubungan pada akhir
masa kanak-kanak
vSikap
terhadap peran orang tua
vHarapan
orang tua
vMetode
paltihan anak
vStatus
sosial ekonomi
vPekerjaan
orang tua
vPerubahan
sikap kepada orang tua
vPertentangan
antarsaudara
vPerubahan
sikap kepada sanak keluarga dan orang tua tiri
Faktor-faktor yang mempengaruhi
konsep dini pada akhir masa kanak-kanak
vKondisi
fisik
vBentuk
tubuh
vNama
dan julukan
vLingkungan
sekolah
vKeberhasilan
dan kegagalan
vSeks
dan
vIntelegensi
Bahaya pada akhir masa kanak-kanak
vBahaya
fisik yaitu penyakit, kegemukan, bentuk tubuh yang tidak sesuai, kecelakaan,
ketidakmampuan fisik, kecanggungan, kesederhanaan,
vBahaya
psikologis yaitu bahaya dalam bicara, bahaya emosi, bahaya sosial, bahaya
bermain, bahaya dalam konsep diri, bahaya moral, bahaya yang menyangkut minat,
bahaya dalam penggolongan peran seks, bahaya hubungan keluarga,bahaya dalam
perkembangan kepribadian.
Kebahagiaan pada akhir masa
kanak-kanak
Akhir
masa kanak-kanak dapat dan harus merupakan periode yang bahagia dalam rentang kehidupan. Banyak faktor yang menimbulkan kebahagiaan
anak-anak. Beberapa diantaranya juga merupakan tiga faktor kebahagiaan yaitu
penerimaan atau dukungan, kasih sayang dan prestasi terpenuhi.
Why Are Casino Sites Legal In USA?
ReplyDeleteCasino NameStatePhonePhoneBonus4Ca$869.95(918)6‑22; 블랙 잭 룰 United States 비트코인갤러리 ‑6‑23; 망고 도매인 Arizona7‑3‑25; Colorado6‑3‑36; 토토 사이트 코드 Connecticut6‑3‑36; Michigan6‑2‑36; Mississippi6‑2‑42; Montana7‑2‑42; New 망고 도매인 Mexico6‑2‑43; Pennsylvania7‑1‑44; Rhode Island7‑1‑44; South Dakota7‑1‑46; Tennessee7‑1‑45; Wyoming7‑1‑47; Northern Virginia7‑1‑4; reservations10