Sunday, December 16, 2012

MASA AWAL KANAK-KANAK


BAB V AWAL MASA KANAK-KANAK
          Pada umumnya orang berpendapat bahwa masa kanak-kanak merupakan masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan saat dimana individu relatif tidak berdaya dan tergantung pada orang lain. Bagi kebanyakan anak ( young children ) dalam uraian selanjutnya digunakan kata “anak-anak” yang  menunjuk pada pengertian anak yang masih kanak-kanak, masa kanak-kanak seringkali dianggap tidak ada akhirnya sewaktu mereka tidak sabar menunggu saat yang didambakan yakni pengakuan dari masyarakat.
Ciri- ciri awal masa kanak-kanak yaitu:
vSebutan yang digunakan orang tua. Sebagian besar orangi tua menganggap awal masa kanak-kanak sebagai usia yang mengundang masalah atau usia sulit.
vSebutan yang digunakan para pendidik. Para pendidik menyebut tahun-tahun awal masa kanak-kanak sebagai usia prasekolah untuk membedakan dari saat dimana anak dianggap cukup tua, baik secara fisik dan mental, untuk menghadapi tugas-tugas pada saat mereka mulai mengikuti pendidikan formal.
vSebutan yang digunakan para ahli psikologi. Para ahli psikologi menggunakan jumlah sebuatan yang berbeda untuk menguraikan ciri-ciri yang menonjol dari perkembangan psikologis anak selama tahun-tahun awal masa kanak-kanak.
Tugas dalam perkembangan pada awal masa kanak-kanak
·    Perkembangan fisik.
·    Kebiasaan fisologis.
Keterampilan pada awal masa kanak-kanak
vKeterampilan khusus awal masa kanak-kanak..
vPilihan penggunaan tangan.
Kemajuan berbicara dalam awal masa kanak-kanak
vPeningkatan dalam pengertian
vPeningkatan dalam keterampilan berbicara
Emosi yang umum pada awal masa kanak-kanak
vAmarah
vTakut
vCemburu
vIngin tahu
vIri hati dan gembira
vSedih dan kasih sayang
Bentuk perilaku awal dalam pelbagi situasi sosial
          Bentuk perilaku sosial yang paling penting untuk penyesuaian sosial berhasil tampak dan mulai berkembang dalam periode ini.
Penggolangan teman
          Rekan adalah orang yang memuaskan kebutuhan akan teman dengan berada dalam lingkungan yang sama dimana ia dapat dilihat dan didengar. Dalam setiap tahap, rekan bisa saja laki-laki atau perempuan dan dari segala umur. Teman bermain adalah orang dengan siapa individu terlihat dalam kegiatan yang menyenangkan. Anak lebih menyukai teman bermain yang sejenis. Teman baik adalah teman baik bukan hanya teman bermain yang cocok tetapi juga seseorang pada siapa individu dapat berkomunikasi dengan bertukar pendapat dan saling percaya dengan meminta atau memberi nasihat.
Bermain pada masa awal kanak-kanak
          Masa awal kanak-kanak sering disebut tahap bermain, karena dalam periode ini hampir semua permainan menggunakan mainan. Menjelang berakhirnya awal masa kanak-kanak, anak tidak lagi memberikan sifat-sifat manusia,binatang, atau benda-benda kepada mainannya. Bermacam-macam minat bermain yaitu anak yang sangat cerdas lebih menyukai permainan sandiwara,kegiatan-kegiatan kreatif dan buku-buku yang memberikan informasi daripada yang bersifat hiburan.
Pola bermain awal masa kanak-kanak yaitu:
vBermain dengan mainan dan permainan
vDramatisasi dan film, radio, dan televisi
vKonstruksi dan membaca
Perkembangan moral pada awal masa kanak-kanak
vKehidupan dan kematian
vFungsi tubuh dan ruang
vBerat dan bilangan
vWaktu dan diri sendiri
vKesadaran sosial dan keindahan
Jenis disiplin yang digunakan pada awal masa kanak-kanak
vDisiplin otoriter
vDisiplin yang lemah
vDisiplin demokratis
Minat pada awal masa kanak-kanak
vMinat agama
vMinat pada tubuh sendiri
vMinat terhadap diri sendiri
vMinat terhadap seks
vMinat terhadap pakaian
Penggolongan peran seks
          Mempelajari stereotip peran seks adalah sekumpulan arti yang dihubungkan dengan kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Arti ini berhubungan dengan penampilan dan bentuk tubuh individu yang sesuai dengan jenis pakaian, cara berbicara dan perilaku yang sesuai. Peranatara penggolongan peran seks adalah dalam masa kanak-kanak, orang tua dan anggota keluarga lain merupakan perantara utama untuk penggolongan peran seks.
Hubungan keluarga pada awal masa kanak-kanak
vHubungan orang tua dan anak: perubahan-perubahan dalam hubungan orang tua yang dimulia sejak tahun kedua masa bayi berlangsung terus selama awal masa kanak-kanak dan biasanya dalam tingkatan yang lebih tepat.
vHubungan dengan saudara: tidak semua berhubungan dengan saudara bersifat bertentangan dan kalaupun terjadi pergesekan hanyalah sekali-sekali saja.
vHubungan dengan sanak keluarga: ada dua kondisi dalam hubungan dengan sanak keluarga sehingga dapat mempengaruhi penyesuaian pribadi dan sosial anak.

Kondisi-kondisi yang membentuk konsep diri pada awal masa kanak-kanak
vCara pelatihan anak
vCita-cita orang tua
vPosisi urutan
vKetidaknyamanan lingkungan
vMeningkatnya individualitas
Bahaya pada awal masa kanak-kanak
vBahaya fisik: bahay fisik awal masa kanak-kanak menimbulkan reaksi psikologis maupun fisik, terutama penyakit, kecelakaan, dan kejanggalan.
vBahaya psikologis
vBahaya dalam berbicara
vBahaya emosional
vBahaya sosial
vBahaya bermain
vBahaya dalam perkembangan konsep
vBahaya moral dan bahaya penggolongan peran seks
vBahaya dalam hubungan keluarga
vBahaya kepribadian
 Beberapa kondisi penting yang mendukung kebahagiaan selama awal masa kanak-kanak.
vKesehatan yang baik yang memungkinkan anak menikmati apa pun yang ia lakukan dan berhasil melakukannya.
vLingkungan yang merangsang dimana anak memperoleh kesempatan untuk menggunakan  kemampuannya semaksimal mungkin.
BAB VI AKHIR MASA KANAK-KANAK
          Permukaan akhir masa kanak-kanak ditandai dengan masuknya anak ke kelas satu, hal yang wajib untuk anak berusia enam tahun di amerika saat ini. Bagi sebagian besar anak hal ini merupakan perubahan besar dalam pola kehidupan anak, juga bagi anak yang telah pernah mengalami situasi prasekolah selama setahun. Sementara menyesuaikan diri dengan tuntutan dan harapan baru satu, kebanyakan anak berada dalam keadaan tidak seimbang; anak mengalami gangguan emisional sehingga sulit untuk hidup bersama dan bekerja sama. Masuk kelas  satu merupakan peristiwa penting bagi kehidupan setiap anak sehingga dapat mengakibatkan perubahan dalam sikap, nilai, dan perilaku.
Ciri- ciri akhir masa kanak-kanak
vLabel yang digunakan oleh orang tua: bagi banyak orang tua akhir masa kanak-kanak merupakan usia yang menyulitkan. Karena kebanyakan anak, terutama anak laki-laki, kurang memperhatikan dan tidak bertanggung jawab terhadap pakaian dan benda-benda yang dimilikinya sendiri.
vLabel yang digunakan oleh para pendidik: para pendidik melebelkan akhir masa kanak-kanak dengan usia sekolah dasar. Pada usia tersebut anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk kebehasilan sesuai diri pada kehidupan dewasa.
vLabel yang digunakan para ahli psikologi: bagi ahli psikologi akhir masa kanak-kanak adalah usia berkelompok suatu masa dimana perhatian utama anak tertuju pada keinginan diterima oleh teman-teman sebaya sebagai anggota kelompok terutama kelompok yang bergengsi dalam pandangan teman-temannya.
Perkembangan fisik pada akhir masa kanak-kanak
vTinggi: kenaikan tinggi per tahun adalah 2 sampai 3 inci. Rata-rata anak perempuan sebelas tahun mempunyai tinggi badan 58 dan anak laki-laki 57,5 inci
vBerat: kenaikan berat lebih bervariasi daripada kenaikan tinggi, berkisar antara 3 sampai 5 pon per tahun. Rata-rata perempuan sebelas tahun mempunyai berat badan 88,5 pon dan anak laki-laki 85,5 pon.
vPerbandingan tubuh: meskipun kepala masih terlampau besar dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, beberapa perbandingan wajah yang kurang baik menghilang dengan bertambah besarnya mulut dan rahang, dahi melebar dan merata, bibir semakin berisi, hidung menjadi lebih besar dan lebih berbentuk.
vKesederhanaan: perbandingan tubuh yang kurang baik yang sangat mencolok pada akhir masa kanak-kanak  menyebabkan meningkatnya kesederhanaan pada saat ini.
vPerbandingan otot dan lemak: selama akhir masa kanak-kanak jaringan lemak berkembang lebih cepat daripada jaringan otot yang perkembangannya baru mulai melejit pada awal pubertas.
vGigi: pada permulaan pubertas,umumnya seorang anak sudah mempunyai dua puluh gigi tetap.  Keempat gigi terakhir disebut gigi kebijaksanaan, muncul selama masa remaja.
Keterampilan awal masa kanak-kanak
          Pada permulaan akhir masa kanak-kanak, anak-anak mempunyai sejumlah besar keterampilan yang mereka pelajari selama tahun-tahun prasekolah. Keterampilan yang dipelajari anak-anak yang lebih besar sebagian  bergantung pada lingkungandigem dan sebagian lagi bergatung pada apa yang sedang digemari oleh teman-teman sebaya.
Kategori keterampilan akhir masa kanak-kanak
vKeterampilan menolong diri sendiri: anak yang lebih besar, harus dapat makan, berpakaian, mandi dan berdandan sendiri hampir secepat dan semahir orang dewasa, dan keterampilan tidak memerlukan perhatian sadar yang penting pada awal masa kanak-kanak.
vKeterampilan menolong orang lain: keterampilan menurut kategori ini bertalian dengan menplong orang-orang lain. Dirumah mencakup membersihkan tempat tidur, menyapu.
vKeterampilan sekolah: disekolah anak mengembangkan berbagai keterampilan yang diperlukan untuk menulis, menggambar, melukis, dan mewarnai dengan krayon.
vKeterampilan bermain: anak yang lebih besar belajar pelbagi keterampilan seperti melempar dan menangkap bola,naik sepeda dan renang.
Bidang-bidang yang mengalami kemajuan
vPenambahan kosa kata
vPengucapan
vPembentukan kalimat
Periode meningginya emosi
          Pada akhir masa kanak-kanak, ada waktu dimana anak sering mengalami emosi yang hebat. Karena emosi cenderung kurang menyenangkan, maka dalam periode ini meningginya emosi di periode ketidakseimbangan, yaitu saat dimana anak menjadi sulit dihadapi. Meningginya emosi akhir masa kanak-kanak dapat disebabkan karena keadaan fisik dan lingkungan.
Ciri-ciri geng anak-anak
vGeng anak-anak merupakan kelompok bermain
vUntuk menjadi anggota geng anak harus diajak
vAnggota geng terdiri dari jenis kelamin yang sama
Minat dan kegiatan bermain pada akhir masa kanak-kanak
vBermain konstruktif
vMenjelajah
vMengumpulkan
vPermainan dan olahraga
vHiburan
Perubahan dalam hubungan pada akhir masa kanak-kanak
vSikap terhadap peran orang tua
vHarapan orang tua
vMetode paltihan anak
vStatus sosial ekonomi
vPekerjaan orang tua
vPerubahan sikap kepada orang tua
vPertentangan antarsaudara
vPerubahan sikap kepada sanak keluarga dan orang tua tiri
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsep dini pada akhir masa kanak-kanak
vKondisi fisik
vBentuk tubuh
vNama dan julukan
vLingkungan sekolah
vKeberhasilan dan kegagalan
vSeks dan
vIntelegensi


Bahaya pada akhir masa kanak-kanak
vBahaya fisik yaitu penyakit, kegemukan, bentuk tubuh yang tidak sesuai, kecelakaan, ketidakmampuan fisik, kecanggungan, kesederhanaan,
vBahaya psikologis yaitu bahaya dalam bicara, bahaya emosi, bahaya sosial, bahaya bermain, bahaya dalam konsep diri, bahaya moral, bahaya yang menyangkut minat, bahaya dalam penggolongan peran seks, bahaya hubungan keluarga,bahaya dalam perkembangan kepribadian.
Kebahagiaan pada akhir masa kanak-kanak
Akhir masa kanak-kanak dapat dan harus merupakan periode yang bahagia dalam rentang kehidupan.  Banyak faktor yang menimbulkan kebahagiaan anak-anak. Beberapa diantaranya juga merupakan tiga faktor kebahagiaan yaitu penerimaan atau dukungan, kasih sayang dan prestasi terpenuhi.

1 comment:

  1. Why Are Casino Sites Legal In USA?
    Casino NameStatePhonePhoneBonus4Ca$869.95(918)6‑22; 블랙 잭 룰 United States 비트코인갤러리 ‑6‑23; 망고 도매인 Arizona7‑3‑25; Colorado6‑3‑36; 토토 사이트 코드 Connecticut6‑3‑36; Michigan6‑2‑36; Mississippi6‑2‑42; Montana7‑2‑42; New 망고 도매인 Mexico6‑2‑43; Pennsylvania7‑1‑44; Rhode Island7‑1‑44; South Dakota7‑1‑46; Tennessee7‑1‑45; Wyoming7‑1‑47; Northern Virginia7‑1‑4; ‎reservations10

    ReplyDelete